Kamis, Mei 16, 2013

Mama Oh Mama

Tak Semua Anak Bungsu Dimanja.





Aku, anak bungsu dari 5 (lima) bersaudara. Kebanyakan anak bungsu itu, dimanja, dan paling diperhatikan oleh kedua orangtuanya. Terkadang kakak - kakak kita malah jadi iri dibuatnya. Tapi itu semua tidak terjadi pada diriku. Mungkin memang sudah takdir dari sang Khalik (Allah SWT). Malah justru, Aku yang anak bungsu seperti anak yang pertama, artinya yang lebih dewasa dalam pemikiran dan bersikap. Aku jadi bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap keluarga, orang tua. Itu kata papaku sebelum meninggal. Jadi terharu aku ketika papaku berkata demikian.
Sampai saat ini, aku juga tidak mengerti mengapa Mamaku sampai bisa bersikap seperti ini kepadaku. Aku tahu, kalau seorang Mama (Ibu) sangat berarti bagi setiap anak manusia. Tanpa Mama, kita tidak akan pernah lahir dimuka bumi ini. Tapi apa yang terjadi apabila Mama kita justru pilih kasih terhadap anaknya. Selalu mengesampingkan, menganggap kita tidak pernah ada dan tidak berguna. Selalu salah dimatanya dan selalu di sumpah-sumpahi apabila anak bungsunya ini melakukan kesalahan. 
Apalagi semenjak papa dan kakak perempuanku meninggal. Mamaku jadi semakin depresi, stress dan sering berucap yang aneh-aneh. Aku selalu mendoakannya agar Mama yang kucintai diberikan hidayah, petunjuk, keikhlasan dan kesabaran oleh Allah SWT. Karena kita sebagai manusia pasti akan kembali kepada Nya, sang Pencipta.


Sesungguhnya hanya Dia, Mamaku yang saat ini aku miliki selain kakak perempuanku yang memiliki kekurangan non fisik sedari kecil yang aku miliki. Dan aku selalu berusaha untuk memahami karackternya dan  memaafkan segala perlakuan mamaku yang berbeda kepadaku. Aku yakin dibalik ini semua pasti ada hikmahnya dari Allah SWT yang dapat aku dapatkan.
Walau Mamaku memiliki sifat yang teramat keras bagaikan batu. Mama telah banyak berjasa dan berkorban dalam hidupku. Jasanya takkan pernah terbayarkan dan tergantikan oleh apapun. Karena Dia yang telah melahirkanku, membesarkanku, mendidikku, dan memberikanku tempat untuk berlindung dan mengadu. Mama I love U so much n Forever...







2 komentar:

  1. Saluutt buat Mba Eta...
    Tetap semangat ya mba,

    Jadi anak yg bungsu emg bukan slalu jd anak emas.. tapi yang mebuat qta berharga seperti emas bukanlah karna kasih syg yg qta dapat lebih dari yg lainnya, tapi karena apa yg sdh qta berikan kepada yg lainnya, yg tdk semua org dapat melakukannya...

    Be strong My Sist...

    BalasHapus
  2. OMG Angel.. So briliant comment... Luar Biasa nie komentarmu Angel.. Enggak salah memang, ortu kmu memberikan namamu Angel.. Krn kmu memang seperti angel.. hehehe... Gak nyambung yach.. tp aq cukup terharu dan terkejut Angel krn komentarmu bgtu menyentuh hatiku.. Terimakasih sekali yach angel.. I hope u too.. can be give them anything that u have.. Tku so much my good friend...

    BalasHapus